Thursday, November 6, 2014

UTS RPL TI Gasal 1415


Ulangan Tengah Semester, Semester Gasal 2014/ 2015. Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi Universitas Teknologi Yogyakarta (FITB UTY).  Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Informatika kelas DE, Dosen Umar Zaky, Kamis, 6 November 2014, 100 Menit, Close Book.


Soal 1: sebuah perangkat lunak dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Beberapa jenis di antaranya adalah System Software, Business Software, dan Scientific Software. Jelaskan dan berikan contoh masing-masing minimal 3 aplikasi yang digunakan pada saat ini (poin 15).

Soal 2: Pengembangan perangkat lunak terdapat 3 fase penting yaitu fase Definisi (definition), fase pengembangan (development), fase pemeliharaan (maintenance). Jelaskan masing-masing fase. (poin 15)

Soal 3: “CV. TRUST” merupakan sebuah perusahaan Yana bergerak di bidang penjualan produk dan jasa tour and travel. Perusahaan tersebut baru saja didirikan. Perusahaan tersebut menginginkan terdapatnya sebuah sistem komputerisasi yang dapat membantu kinerja beberapa divisi. Direktur “CV. TRUST” menginginkan sistem yang berdiri adalah sistem bersifat online dan offline. Sistem online akan digunakan untuk divisi pemasaran dan penjualan produk dan jasa. Sistem offline akan digunakan untuk divisi administrasi dalam menangani keperluan administrasi kantor serta divisi HRD dalam menangani pengolahan data pegawai.
Pada kasus di atas, Anda ditunjuk sebagai perusahaan IT yang akan membantu dalam menyelesaikan permasalahan “CV. TRUST”. Jelaskan masing-masing elemen (4P) dalam pengembangan perangkat lunak yang akan Anda lakukan dan tentukan Metode Proses Pengembangan perangkat lunak yang tepat menurut Anda dalam memenuhi kebutuhan “CV. TRUST” serta jelaskan pada setiap tahapan metode yang Anda lakukan (poin 40)

Soal 4: Berikut adalah data proyek “CV. TRUST”: (poin 30)
Proyek
Jumlah Baris Code (LOC)
Usaha
Cost
($)
Halaman
Kesalahan
Cacat
Manusia
CV. Trust
24.500
40
268
1.240
276
23
8
Berikut adalah tabel Metrik Function Oriented: (isi titik-titik di bawah sesuai keinginan Anda untuk mendapatkan TOTAL).
PARAMETER
JUMLAH

FAKTOR PEMBOBOTAN

Hasil
Sedang
Rerata
Kompleks
1.  Input
...
X
3
4
6
=

2.  Otuput
...
X
4
5
7
=

3.  Penyelidikan
...
X
3
4
6
=

4.  File
...
X
7
10
15
=

5.  Interface
...
X
6
7
10
=

TOTAL
=


Diketahui:
Berapakah poin (FP) per $?

~42m1's bLog~291114~

 

No comments:

Post a Comment