Tuesday, November 4, 2014

UTS Manajemen Strategik MNJ Gasal 1415




Ulangan Tengah Semester, Semester Gasal 2014/ 2015. Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi Universitas Teknologi Yogyakarta (FITB UTY). Menejemen Strategik, S1 Manajemen, Dosen Bambang Priyatno, Selasa, 4 November 2014, 100 Menit, Tertutup.



  1. Strategi berdasarkan konsep generik didefinisikan sebagai berbagai cara untuk mencapai tujuan, namun dalam konsep manajemen strategik, strategi mencakup juga penetapan berbagai tujuan yang dibuat oleh manajemen perusahaan agar menjamin terpeliharanya keunggulan kompetitif perusahaan. Harap jabarkan lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan strategik perusahaan dalam konteks persaingan, pendekatan bisnis dan Action plan.
  2. Menurut Strickland terdapat 7 (tujuh) karakterisktik pernyataan visi yang efektif yaitu graphic, directional, fucsed, flexible, feasible, East to communicate. Harap berikan penjelasan secara ringkas karakteristik tersebut.
  3. Komponen lingkungan perusahaan terdiri dari lingkungan makro dan lingkungan industri-persaingan. Jabarkan dan jelaskan secara ringkas lingkungan tersebut.
  4. Terdapat 9 (sembilan) indikator kunci agar strategi dapat bekerja dengan baik, yaitu 1) trend penjualan dan pngsa pasar, 2) pelanggan yang berhasil diperoleh dan dipertahankan, 3) trend margin keuntungan, 4) trend margn keuntungan, EPS dan ROE, 5) peringkat kredit perusahaan, 6) aktivitas perbankan yang berkelanjutan, 7) trend harga saham perusahaan, 8) citra dan reputasi, 9) kepemimpinan di bidang teknologi, kwalitas produk dan inovasi. Harap penjelasan ringkas saudara mengenai indikator tersebut.
  5. Buatlah analisis SWOT untuk salah satu perusahaan di Indonesia pilah saudara (hasil browsing saudara untuk laporan tahunan perusahaan) Strategi generik manakah yang paling cocok pada perusahaan saudara tersebut?
  6. Terdapat beberapa ciri atau karakteristik aliansi strategis yang sering melibatkan pihak-pihak yang bersekutu-bisnis, antara lain: Joint marketing, Joint sales or distribution, Joint production, desing collaboration, Joint reeacrh, project bersama pengembangan teknologi. Harap penjelasan saudara mengenai karakteristik aliansi strategis tersebut secara ringkas.
~291114~

No comments:

Post a Comment