Tuesday, November 11, 2014

UTS Bisnis Int. MNJ Gasal 1415


Ulangan Tengah Semester, Semester Gasal 2014/ 2015. Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi Universitas Teknologi Yogyakarta (FITB UTY). Bisnis Internasional, S1 Manajemen, Dosen Bambang Priyatno, Selasa, 11 November 2014, 100 Menit, Buku Tertutup.

1.      Pertanyaan mengenai gambaran umum bisnis internasional:
a.       Apa sajakah bentuk-bentuk dasar aktivitas bisnis internasional menurut Griffin? Buatkan skema perdagangan internasional (ekspor dan impor)
b.      Pertumbuhan bisnis internasional pada tahun-tahun belakangan ini telah berlangsung dramatis. Terdapat keharusan-keharusan strategis yang mendorong globalisasi, seperti meningkatkan kompetisi inti (core competence), mendapatkan pasokan dan sumber daya, mencari pasar baru. Lebih mampu bertarung dengan pesaing dan juga perubahan lingkungan seperti lingkungan politik, perubahan teknologi, tantangan abad internet. Nah, menurut pendapat saudara, apakah globalisasi tidak dapat dihindarkan? Apakah seluruh manfaat positif? Apa sajakah kerugian dan kelebihan globalisasi?
2.      Negara-negara Asia Tenggara yang mendapat perhatian oleh masyarakat internasional adalah Thailand, Malaysia dan Indonesia, menurut saudara, apakah yang menjadi daya tarik negara tersebut. Buat masyarakat internasional melakukan investasi di negara tersebut?
3.      Ada 3 (tiga) kekuatan yang perlu mendapat perhatian bisnis internasional, yaitu kekuatan hukum, teknologi dan politik. Dalam hal politik, perusahaan yang beroperasi internasional perlu melakukan penilaian risiko politik, seperti ekspropisasi, penyitaan, kampanye anti barang asing, peraturan tunjangan wajib buruh, penculikan, terorisme dan kekerasan lain, perang saudara, larangan retriasi dana, perubahan aturan perpajakan. Dampak apakah yang akan terjadi pada perusahaan akibat risiko politik pada contoh tersebut?
4.      Investasi internasional dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu investasi portofolio dan penanaman modal asing. Harap jelaskan kedua kategori tersebut, dan apakah perbedaannya?
5.      Dalam perdagangan internasional kita menggunakan mata uang asing seperti UD dollar, Euro dan British Pundsterling. Apabila nilai tukar mata uang asing tersebut menguat terhadap rupiah kita, siapa yang diuntungkan, eksportir atau importir. Sebaliknya bila melemah siapa yang beruntung, eksportir tau importir?

~291114~
 
 

No comments:

Post a Comment