Friday, November 14, 2014

UTS PKn AKT Gasal 1415


Ulangan Tengah Semester, Semester Gasal 2014/ 2015. Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi Universitas Teknologi Yogyakarta (FITB UTY). Pendidikan Pancasila (PKn), S1 Sistem Informatika, Dosen Erlina, Jumat, 14 November 2014, 90 Menit, Buku Tertutup.


1.      Bagaimana keberadaan dan kedudukan Pancasila dalam kajian sejarah Indonesia sejak era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, orde lama, orde baru dam orde reformasi? Uraikan secara singkat.
2.      Fungsi pokok Pancasila sebagai Dasar Negara pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum di Indonesia. Bagaimana konsekuensi yuridis dari pernyataan tersebut? Jelaskan dan berikan contoh konkretnya dengan menyebutkan salah satu kebijakan yang ada di Indonesia yang disertai analisis saudara (baik bidang Ekonomi, Sosial, Budaya, Politik, dll)
3.      Apa yang dimaksud Pancasila sebagai Ideologi Negara? Apa saja yang menjadi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan Pancasila sebagai Ideologi Negara tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?
Bagaimana hubungan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan agama yang berdasarkan Pancasila? Jelaskan secara singkat!

~291114~
 

No comments:

Post a Comment