Sunday, June 9, 2013

Kegiatan KPMDB Jogja

KPMDB Jogja, kumpulane cah Brebes ning kota Gudeg. Yupz... Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) Wilayah Yogyakarta dengan kepengurusannya yang sekarang untuk periode 2013/2014 dengan Muhammad Hidayat sebagai "Masinis"-nya. Hehe... Sebagai Ketuanya Bro... Memulai Perjuangannya pada Musyawarah Besar (Mubes) KPMBD 20 April 2013 kemarin.

Agak lama memang, tapi baru sempat ditulis. Ya... saya ceritakan sedikit mengenai rentetan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh KPMDB Jogja Dalam triwulan ke dua tahun 2013 ini.

Pertama
Musyawarah Besar atau yang biasa disebut Mubes merupakan kegiatan yang rutin dan wajib dilaksanakan tiap tahunnya untu mengganti kepengurusan KPMDB. Beberapa acara yang ada di dalam rangkaian kegiatan mubes (yang telah dilaksanakan) meliputi studium general dengan diawali perkenalan tiap anggota dan pengurus yang hadir, sebelum acara dimulai. Studium general merupakan acara pertama sebelum acara sidang pleno yang menjadi inti dari kegiatan mubes. 

Sidang Pleno yang menjadi acara intinya mubes membahas mengenai Laporan Pertanggung Jawaban kepengurusan sebelumnya, membahas tentang GBHK, PKO dan RO sampai pemilihan ketua. Dan yang paling inti adalah pemilihan ketua untuk kepengurusan selanjutnya.
Semua acara dilaksanakan dalam 24 jam non stop untuk tahun ini, berbagai perdebatan terjadi selama sidang pleno. Ini wajar dalam musyawarah. Musyawarah tanpa perdebatan bagaikan sayur tanpa garam. Sampai tidak sedikit peserta yang terlihat mengantuk. Namun, walaupun peserta terlihat mengantuk pada pagi harinya pemilihan tetap berjalan dengan sedikit terburu-buru namun akhirnya menemui kata "Sepakat" dan siap untuk melangkah.

Langkah awal menuju pintu awal mulai terasa dengan adanya beberapa rapat setelah mubes untuk mempersiapkan program kerja, sekaligus pelantikan pengurus, sampai akhirnya dilaksanakan kegiatan berikutnya yaitu pelantikan.

Pelantikan pengurus baru periode 2013/2014 merupakan kegiatan kedua dari rentetan kegiatan rutin dalam KPMDB, setelah terpilihnya Ketua beserta jajarannya, tidak berbeda dengan pemerintahan di Indonesia, dimana perlu adanya pelantikan.

Pelantikan dilaksanakan pada 18 Mei 2013 di Asrama Mahasiswa Musi Banyuasin di daerah Lempuyangan Yogyakarta. Pelantikan diawali dengan obrolan bersama KPMDB Pusat, dan Alumni KMPDB serta tamu dari KPMDB Solo dan organisasi lain, kemudian dilanjutkan acara inti dari pelantikan yaitu pembacaan janji, penandatanganan surat keputusan dan sambutan-sambutan dari ketua baru.
Setelah acara pelantikan selesai, acara dilanjutkan dengan rapat kerja membahas program kerja selama satu periode kedepan. Tidak hanya di hari pelantikan, rapat kerja juga dilakukan beberapa kali di beberapa tempat guna memfixsasi program kerja dari tiap departemen.

Setelah dua kegiatan rutin dan merupakan kegiatan wajib tersebut terlaksana, secara resmi KPMDB Jogja periode 2013/2014 bergerak, dengan langkah awal mengadakan suatu acara seni yang menarik pada 1 juni 2013 lalu.

No comments:

Post a Comment