Tuesday, May 21, 2013

Kox semakin sibuk?

Wacana yang sering terlontarkan oleh teman-teman mahasiswa, mungkin sebagian mahasiswa dari manapun. Wacana tersebut muncul dengan semakin banyaknya pekerjaan sebagai mahasiswa, entah itu tugas, presentasi, diskusi, ataupun pekerjaan pribadi diantara masing-masing mahasiswa.

Sepertinya memang mengherankan, namun
jika dipikir sebenarnya tidak. Setiap pekerjaan yang ada sebenarnya dapat langsung dikerjakan tanpa menundanya. Kecuali untuk beberapa masalah sehingga penundaan pengerjaan tidak dapat dihindari, namun dengan itu bisa mensiasatinya dengan mengganti waktu luang seperti nongkrong, ngrumpi, ngobrol, main game, jalan-jalan dan lain-lain untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan lain yang perlu diselesaikan.

Namun, dari banyak mahasiswa, mayoritas menunda pekerjaannya untuk kegiatan yang kurang bermanfaat, semakin lama, semakin ditunda dan semakin ditunda sampai akhirnya malam sebelum mengumpulkan pekerjaan pada pagi harinya, akan mulai terasa sibuk dan mungkin sangat sibuk. Itu yang jadi masalah.

Bisa diperhatikan contoh yang ada, mahasiswa baru. Masih tetap dilihat dari kebanyakan individu.
Mahasiswa baru masih dapat dirasakan rajin dan mungkin masih membawa kebiasaan SMA-nya, walaupun mungkin sering ngumpul, namun dalam masalah belajar, mereka masih bersemangat. Berbeda dengan mahasiswa lanjut yang sudah mengetahui bagaimana Ujian di kampus, Pengerjaan Tugas, Perilau dosen dan lain-lain, menjadikan mahasiswa itu sendiri (mahasiswa lanjut) menjadi lebih santai dan tenang. Memang terlihat santai jika di luar atau sedang dikampus bersama teman-temannya, namun, dalam hal melaksanakan tugas, hampir dipastikan mengerjakan malam sebelum paginya dikumpulkan.

Mungkin kalau hanya satu mata kuliah sih masih gampang dan mudah, walaupun serumit apapun masih tetap bisa terkontrol. Yang jadi masalah adalah jika perkerjaan yang ada lebih dari 1 dan memiiki kerumitan yang lumayan untuk dikerjakan , selain itu dalam satu malam itu harus mengerjakan lebih dari 1 mata kuliah, pastinya akan lebih penat dan lebih stress dari yang pengerjaannya dicicil.

Itulah sebabnya, mengapa mahasiswa merasa semakin kesini semakin sibuk.

~ 42m1 ~

No comments:

Post a Comment