Saturday, February 2, 2013

Soal UAS Statistika Teknik 2013

UAS Ganjil 2012/2013 FST UTY
Prodi Sistem Komputer, Selasa, 8 Januari 2013. Dosen Pamuji Sri Subekti, S. Si, Waktu 100 menit Buku tertutup, Open Rumus 2 halaman Folio dan Open Table Distribusi Nurmal


  1. Dari sekelompok mahasiswa yang terdiri dari 8 orang mahasiswa laki-laki dan 12 mahasiswa perempuan akan dipilih 3 orang unutk mewakili lomba pembuatan robot. Mahasiswa yang telah dipilih tidak dikembalikan lagi ke kelompoknya. Tentukan peluang dipilih perempuan pada pemilihan pertama dan laki-laki pada pemilihan kedua dan ketiga.
  2. Seorang teknisi komputer akan meneliti kondisi 15 komputer yang ada di ruangan laboratorium komputer yang menurut laporan laboran ada 5 komputer rusak dan 10 komputer dalam keadaan baik. Teknisi tersebut memilih 3 komputer sekaligus secara acak, maka peluang terambil 2 komputer baik dan satu komputer rusak adalah... .
  3. Sebuah perusahaan ingin mengecek kondisi mesin di ruang produksi. Di ruang produksi tersebut terdapat 4 mesin jenis A, 7 mesin jenis B, dan 2 mesin jenis C serta 5 mesin jenis D. Satu persatu mesin diambil dan dikembalikan lagi ke ruang produksi. Tentukan peluang diantara 6 mesin yang diambil terdapat 1 mesin A, 2 mesin B, 1 mesin C dan 3 mesin D.
  4. Sebuah perusahaan mempunyai karyawan dengan masa kerja rata-rata 8 tahun dengan standard deviasi 0,9 tahun. Untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, perusahaan akan menaikkan gaji karyawan yang mempunyai masa kerja lebih dari 5 tahun. (a) berapa presentase karyawan yang gajinya naik?  (b) jika perusahaan tersebut memiliki 10.000 karyawan, berapa banyak karyawan yang tidak memperoleh kenaikan gaji?

No comments:

Post a Comment